Tari Walijamaliha : Tari Tradisional Banten Merupakan Visualisasi Perkenalan Daerah Banten



Kata Walijamaliha berasal dari Bahasa Arab yang bermakna daerah yang memiliki kecantikan atau daya tarik. Adapun tarian ini dibawakan oleh penari wanita dengan gerak yang ceria serta mengenakan kostum religi, hal ini mencerminkan karakter masyarakat Banten yang terbuka, riang, ramah, hangat dan enerjik dalam suasana yang agamis.

Tari Walijamaliha


Baca Juga :


Tari Walijamaliha sebagai tarian selamat datang dengan 6 adegan pokok adalah filosofis dari rukun iman terinspirasi dari bait-bait shalawat dalam kitab Barzanji.  Tarian Walijamaliha ini digagas oleh  Ibu Hj. Ratu Atut Chosiyah, SE pada saat menjabat sebagai Gubernur Banten dan Ibu Hj. Egi Djanuiswati M.Sc selaku Kadisbudpar Provinsi Banten, dan direalisasikan oleh seniman-seniman Banten yang telah ditunjuk.

Tari Walijamaliha adalah visualisasi perkenalan daerah Banten Yang sarat daya tarik, memiliki potensi alam berlimpah, bersejarah turunan kesultanan besar, serta memiliki derajat ketaatan agama yang tidak diragukan. Visualisasi Keragaman Budaya terdiri dari budaya Sunda, Jawa Serang, Etnis Cina, Arab dan India hidup berdampingan sebagai bukti kebersamaan dan kekompakan warganya dalam mambangun Banten.

Tari Walijamaliha adalah visualisasi perkenalan daerah Banten

Banten yang egatiler, menjunjung pepatah kolot “Lojor teu meunang ditekuk, Pondok teu meunang disambung” adalah semangat kami untuk hidup jujur dan ikhlas, dilandasi semangat juang para Sultan Banten: “Gawe kuta baluwarti bata kalawan kawis” Warga Banten senantiasa terbuka, riang, ramah, hangat dan enerjik dalam suasana yang agamis. Itulah ciri masyarakat Provinsi Banten, yang fasih berucap santun “Selamat Datang di Bumi Surasowan bermotto Iman dan Taqwa ; Propinsi Banten”.

Sumber
http://www.tradisikita.my.id/2016/02/5-tari-tradisional-banten.html
https://adilana.wordpress.com/2014/04/26/tari-walijamaliha-khas-banten/

No comments:

Post a Comment